Asa Untuk Kesehatan Masyarakat Kota Makassar yang Lebih Baik

2017_1105_17570100-01

Berita salah satu pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) kota Makassar yang menjadi puskesmas model percontohan nasional mungkin tidak semenarik berita skandal perceraian para artis Ibu Kota. Puskesmas tersebut adalah puskesmas Kassi Kassi yang terletak di Jalan Tamalate, kecamatan Rappocini. Tidak hanya itu, salah satu layanan home care dottoro’ ta juga mendapatkan apresiasi sebagai salah satu dari 35 top inovasi pelayanan publik tahun 2016. Di tahun yang sama, pemerintah melengkapi 46 puskesmas yang ada di wilayah kota Makassar dengan alat electrocardiogram (EKG) dan ultrasonography (USG). Alat yang biasanya hanya bisa diakses di rumah sakit atau laboratorium kesehatan yang berbayar. Informasi seperti ini harusnya jadi angin segar dan motivasi bagi pelayanan kesehatan di Makassar untuk terus berbenah dan menjadi lebih baik.

Prestasi dan inovasi yang dilakukan pemerintah kota Makassar ini tentu perlu diapresiasi. Kota Makassar sebagai gerbang kawasan timur Indonesia harus terus maju tidak hanya dalam aspek ekonomi tetapi juga dari aspek kesehatan, khususnya peningkatan pelayanan kesehatan. Jika terus membaik, tentu hal ini akan berdampak pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kota Makassar sebagai indikator dalam mengukur tingkat keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia.

Meskipun demikian, sebaik apa pun pelayanan kesehatan, jika disuruh memilih tentu tidak ada yang mau sakit atau berurusan dengan obat-obatan atau petugas kesehatan.  Oleh karena itu, menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga menjadi tanggung jawab kita masing-masing. Apa lagi menjadi warga kota besar seperti Makassar di mana tingkat stress yang tinggi bisa memicu berbagai macam penyakit kronis tidak menular seperti diabetes, masalah pencernaan, penyakit jantung dan masih banyak lagi.

Tidak salah jika pepatah latin populer  mens sana in corpore sano betul adanya. Kalimat tersebut yang berarti  “dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat” mencerminkan bahwa kemampuan seseorang untuk menjaga kesehatan tubuhnya dengan menerapkan pola hidup sehat adalah refleksi dari jiwa atau mental yang kuat. Berbagai cara bisa dilakukan untuk menghindari stress dan penyakit.

Makan Makanan Sehat

Apa yang masuk ke dalam tubuh betul berpengaruh dengan kondisi jasmani manusia. Beberapa waktu lalu saya sempat mengalami jerawat parah di jidat. Karena menggunakan berbagai skincare tidak mempan mengobatinya, saya memutuskan memperbaiki pola makan dengan mengkonsumsi banyak buah dan sayur. Hasilnya, jerawat mulai mengempis dan berkurang.

Saya menyimpulkan bahwa jerawat-jerawat tersebut muncul karena polusi dan racun di dalam tubuh saya yang menumpuk. Maklum, tiap hari saya mengendarai motor dan terpapar dengan asap knalpot. Salah satu cara mengimbanginya adalah dengan banyak mengkonsumsi sayur dan buah. Tidak harus mahal, bahan-bahan ini bisa ditemukan dengan mudah di pasar-pasar lokal.

Olahraga

Aktifitas yang satu ini memang butuh banyak tenaga. Namun jika sudah rutin dan terbiasa, olahraga menjadi kegiatan yang menyenangkan. Sudah banyak studi yang menyebutkan bahwa olahraga rutin sangat baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat lainnya, orang yang berolahraga ternyata bisa mengurangi stress.

Untuk masyarakat kota Makassar, pemerintah menyediakan beberapa taman yang bisa menjadi lokasi olahraga sekaligus bercengkrama dengan keluarga. Ada taman macan, taman pramuka dan yang terbaru taman pakui sayang. Di tempat ini warga bisa ikut senam rutin yang didominasi oleh ibu-ibu. Ada jogging track untuk yang suka lari dan jika beruntung, kadang tersedia pemeriksaan kesehatan gratis juga.

Jika masih merasa berat, olahraga yang paling ringan bisa dilakukan dengan memperbanyak berjalan kaki. Untuk pekerja kantoran, bisa dimulai dengan sesekali menggunakan tangga dibanding lift. Selamat mencoba 😁

Menghindari Stress

Katanya, dibanding manusia yang tinggal di desa, masyarakat perkotaan mengalami stress yang jauh lebih tinggi, loh. Hal ini disebabkan oleh pergerakan kota yang serba cepat hingga tingginya persaingan hidup di perkotaan. Belum lagi jika terjebak macet di perjalanan, pasti bisa meningkatkan potensi stress. Oleh karena itu, mengelola emosi dengan baik bisa menjadi solusi menghindari stress bagi masyarakat kota.

Astra Berkontribusi Pada Pembangunan Bangsa

Sebagai salah satu korporasi yang besar, Astra memegang teguh filosofi yaitu memberikan manfaat bagi bangsa sebagai upaya berkontribusi pada masyarakat yang lebih luas. Hal ini dibuktikan dengan berbagai program tanggung jawab sosial yang Astra lakukan dari ujung timur hingga barat Indonesia.

Secara umum, program sosial Astra dikelompokkan dalam empat program utama yaitu Astra Untuk Indonesia Cerdas, Astra Untuk Indonesia Sehat, Astra Untuk Indonesia Kreatif dan Astra Untuk Indonesia Hijau. Dengan program ini, banyak masayarakat yang bisa mengakses kesehatan berupa obat-obatan gratis. Ada pula pembinaan posyandu, pembinaan UMKM, penggalangan kampung berseri dan masih banyak lagi.

Sumber : Laporan Astra 2016
Sumber : Laporan Astra 2016
Sumber: laporan Astra 2016
Sumber: laporan Astra 2016

Untuk daerah kota Makassar, Astra membuktikan komitmennya mewujudkan Indonesia Sehat dengan mengaktifkan kembali pos kesehatan kelurahan yang ada di Kelurahan Rappocini, RT 003/RW 004. Tidak hanya itu, kesan menakutkan lorong rappocini yang terstigma sebagai daerah ‘texas’ disulap dengan dengan cat berwarna warni sehingga nampak ceria. Tidak lupa, kiri dan kanan lorong dihiasi pula dengan tanaman yang memperindah tampilan lorong yang sekarang dinamai lorong Astra Graphia.

Peresmian pos kesehatan Kelurahan Rappocini sumber : fajaronline.com
Peresmian pos kesehatan Kelurahan Rappocini sumber : fajaronline.com

 

Potret Lorong Astra yang terletak di Jalan Rappocini
Potret Lorong Astra yang terletak di Jalan Rappocini

Dengan bermacam usaha yang dilakukan berbagai pihak untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan akses kesehatan yang memadai di kota Makassar, harapan pada terciptanya masyarakat yang lebih sehat tentunya semakin menguat. Kita bisa belajar dari Inspirasi 60 tahun Astra dengan berbagai macam program yang dicanangkannya.  Tentu saja hal ini harus diiringi dengan kesadaran warga kota Makassar untuk menjalankan pola hidup yang lebih sehat.

Video Salah satu kegiatan Astra Untuk Indonesia Sehat

Asa Untuk Kesehatan Masyarakat Kota Makassar yang Lebih Baik

30 thoughts on “Asa Untuk Kesehatan Masyarakat Kota Makassar yang Lebih Baik

  • 5 November, 2017 at 8:38 PM
    Permalink

    Pemkot mks sgt peduli dg kesehatan warganya ya. Makin keren lagi krn ada kersama dgn astra

    Reply
    • 5 November, 2017 at 10:44 PM
      Permalink

      Betul kak. Dibutuhkan banyak kerja-kerja kolaboratif untuk membangun kota menjadi lebih baik 😊

      Reply
  • 5 November, 2017 at 8:54 PM
    Permalink

    menuju makassar sehat semoga dapat berjalan sebagaimana mestinya. karena kesehatan merupakan tanggung jawab diri sendiri tentunya

    Reply
    • 5 November, 2017 at 10:45 PM
      Permalink

      Aaamiin. Semoga kita semua dianugerahi kesehatan ya kak 😆

      Reply
  • 5 November, 2017 at 9:16 PM
    Permalink

    Astra memang top. Salah satu perusahaan yang jadi panutan banget karena sudah memberikan banyak hal untuk negeri kita ini.

    Reply
    • 5 November, 2017 at 10:46 PM
      Permalink

      Program CSRnya patut dicontoh oleh perusahaan-perusahaan lain untuk ambil bagian dalam membangun bangsa 😊

      Reply
  • 5 November, 2017 at 10:23 PM
    Permalink

    Semoga Kota Makassar semakin berkembang dalam bidang kesehatan, pendidikan, perekonomian, dan sebagainya. Tulisannya sangat bermanfaat~

    Reply
    • 5 November, 2017 at 10:47 PM
      Permalink

      Dan semoga bisa menular ke kabupaten sebelah yaa 😂

      Reply
  • 5 November, 2017 at 10:24 PM
    Permalink

    Sangat informatif dan edukatif😍

    Reply
    • 5 November, 2017 at 10:47 PM
      Permalink

      Terima kasih sudah mampir kak 😊

      Reply
  • 5 November, 2017 at 10:37 PM
    Permalink

    Baru tau kalo lorong di rappocini itu bantuan dari Astra
    Infonya keren, sangat Informatif
    Tetap berkarya

    Reply
    • 5 November, 2017 at 10:48 PM
      Permalink

      Padahal tiap hari dilalui 😅

      Reply
  • 5 November, 2017 at 10:40 PM
    Permalink

    Sangat bermanfaat. Saya juga berharap stiap kebijakan bisa benar2 memberi manfaat kepada masyarakat. Begitupun terhadap perusahaan yang berkontribusi pada Bangsa Indonesia 😊

    Reply
    • 5 November, 2017 at 10:52 PM
      Permalink

      Iyaa. Tugas kita-kita ini untuk mengawal dan menebar info praktek baik yang dilakukan pemerintah maupun perusahaan2 seperti ini.

      Reply
  • 5 November, 2017 at 11:49 PM
    Permalink

    mengelola emosi dengan baik bisa menjadi solusi menghindari stress bagi masyarakat kota. Sepakaaaat..

    Reply
  • 6 November, 2017 at 12:45 AM
    Permalink

    Setuju, kak. Ikhtiar utama buat jaga kesehatan sebenarnya berawal dari kesadaran diri sendiri untuk melakukan pola hidup sehat.

    Reply
    • 6 November, 2017 at 11:04 AM
      Permalink

      Iyaa. Doakan ikhtiarnya istiqamah yaa hihihi

      Reply
    • 6 November, 2017 at 11:05 AM
      Permalink

      Semangat berkontribusi dan berkolaborasi 🙂

      Reply
  • 7 November, 2017 at 9:07 AM
    Permalink

    Yang paling terlihat perubahannya itu yaa di Rappocini. Daerah yang menjadi tempat pelaksanaan Kampung Berseri Astra. Rappocini jadi lebih tertata, bersih dan sehat.

    Reply
    • 8 November, 2017 at 3:13 PM
      Permalink

      Iya kak, jadi mengurangi kesan ‘sangar’nya Rappocini hihihi

      Reply
    • 8 November, 2017 at 3:14 PM
      Permalink

      Betul kak :'(

      Reply
    • 8 November, 2017 at 3:17 PM
      Permalink

      Ia mba Prim. Jadi tidak usah jauh-jauh ke rumah sakit atau ke lab kesehatan 🙂

      Reply
    • 9 November, 2017 at 11:53 AM
      Permalink

      Sultan juga harus belajar berkontribusi seperti astra, biar tidak di itu-itu saja hahahah

      Reply
  • 9 November, 2017 at 2:19 PM
    Permalink

    Nice tulisan

    Asma, diabetes, serangan jantung dan hipertensi. Penyakit2 yang paling sering dialami masyarakat perkotaan termasuk Makassar. Persoalan pola hidup hingga pola makan yang kadang sudah ndak berarturan akibat “ngejar setoran”.

    Informasi dan kampanye mengenai kesehatan juga memang harus lebih dipermudah aksesnya, semudah masyarakat melihat iklan rokok dan iklan kendaraan (yg notabenenya pengasil penyakit serta emisi everywhere everyday).

    Pihak swasta (Astra) bersinergi dengan pemerintah tuk peningkatan layanan kesehatan yang memang patut diapresiasi, dan semoga tetap istiqomah dengan komitmentnya serta lebih baik kedepannya, sehingga tidak hanya IPM yang meningkat tapi juga UHH (Umur Harapan Hidup).

    Semoga makin banyak pihak swatsa yang lebih serius lagi berkontribusi, khsusunya untuk peningkatan layanan kesehatan umum di kota Makassar ini.

    Thanks

    Reply
    • 9 November, 2017 at 2:44 PM
      Permalink

      nice komen gan, hahahah 😀

      Reply
  • 9 November, 2017 at 8:01 PM
    Permalink

    60 tahun, bukan waktu yang singkat. Salut untuk Astra yang mampu berkomitmen dan memberikan inspirasi setiap tahunnya dan bermanfaat bagi semuanya.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *