Ayo! Plesiran ke Kota Makassar

Salah satu pulau yang berjarak selemparan batu dari pantai losari
Salah satu pulau yang berjarak selemparan batu dari pantai losari

Jika sedang bingung merencanakan liburan, Kota Makassar bisa masuk dalam tujuan wisata anda. Kota yang dikenal dengan Pantai Losarinya ini tidak hanya menawarkan pemandangan sunset yang indah namun juga wisata sejarah dan wisata kuliner yang tidak pernah mengecewakan.

Berada di pesisir barat Sulawesi Selatan, posisi Makassar yang mencium lautan menjadi sangat strategis. Tidak heran jika Makassar dijuluki sebagai gerbang kawasan timur Indonesia. Sejarah mencatat kota ini pernah menjadi jalur niaga yang ramai berabad-abad lalu. Sektor niaga ini pula yang membuat suku Bugis-Makassar dikenal hingga ke dataran Australia berkat ilmu navigasi yang hebat serta kepiawaiannya dalam berjual beli.

Saat ini perkembangan kota Makassar bisa dilihat dari berbagai bangunan dan banyaknya Hotel di Makassar yang bisa menjadi pilihan tempat tinggal jika berwisata ke kota ini. Untuk memudahkan transportasi anda bahkan bisa memesan Sewa mobil di Makassar melalui web.

Wisata Kota

Perjalanan menelusuri kota Makassar bisa dimulai dari pelabuhan Paotere yang terletak di bagian utara kota. Di tempat ini kita bisa menyaksikan kemegahan kapal-kapal phinisi yang bersandar di pelabuhan serta melihat langsung aktifitas kehidupan pelabuhan. Jika ingin menyaksikan kemegahan pelabuhan ini berbalut cahaya, datanglah saat matahari terbit atau saat jingga merayap kala matahari tenggelam.

Selanjutnya anda bisa berkunjung ke Benteng Rotterdam atau benteng Ujung Pandang yang terletak di barat kota. Benteng yang dibangun pertama kali oleh Raja Gowa ke-9 ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi jika sedang berplesiran ke Makassar. Anda bisa berkeliling  benteng serta mengunjungi museum I La Galigo yang terletak di dalam area benteng. Saya menyebutnya wisata paket komplit karena pengunjung bisa mempelajari sejarah dan kebudayaan Makassar di tempat yang juga merekam sejarah pergolakan kota ini.

Selesai dari Benteng Rotterdam, anda bisa bergeser menuju Pantai Losari yang ikonik. Pantai tanpa pasir ini dipadati oleh banyak orang terlebih saat petang hari. Banyak yang bilang jika sunset di Pantai Losari adalah salah satu yang terbaik. Anda bisa datang langsung dan membuktikannya 😉

Jika punya lebih banyak waktu, anda bisa menyebrang ke pulau-pulau kecil yang masih termasuk dalam kawasan Makassar. Beberapa pulau tersebut adalah Pulau Lae-lae, Pulau Khayangan dan Pulau Samalona. Di pulau-pulau ini anda bisa menikmati suasana pantai berpasir putih ditemani deru ombak yang akan melengkapi suasana liburan yang sempurna.

Wisata Kuliner

Saya pengen ke Makassar lagi, mbak. Kangen dengan makanannya yang enak-enak”

Bukan kali pertama saya mendengar kalimat bernada seperti ini diucapakan oleh teman-teman  luar daerah yang pernah berkunjung ke Makassar. Rasa yang khas dari kuliner kota ini memang bisa disebut ngangenin.

Salah satu kuliner berkuah yang cukup terkenal dari Makassar adalah Coto Makassar. Sajian ini terbuat dari daging dan jeroan sapi yang dimasak sedemikian rupa serta disajikan dalam kuah yang gurih. Selanjutnya ada juga pallubasa, sop saudara, pisnag ijo serta pisang epe yang wajib anda coba jika sedang berada di kota para Daeng ini.

Bagaimana, anda tertarik mengunjungi kota anging mamiri?

6 Comment

  1. Makassar memang ngangenin. 8 tahun merantau, magnetnya Makassar membawa saya kembali ke kota angingmammiri ini..

    1. arifayani says: Reply

      kalau lagi di luar Makassar, makanannya paling ngangenin 😀
      welcome back kak

  2. Coto Makassar…btdk ada duanya.

    1. arifayani says: Reply

      Sesama pecinta coto *toss

  3. BaRT says: Reply

    Foto yang paling atas itu Pulau Kayangan bukan? Hehehe ,,, dulu waktu tinggal di Makassar (waktu itu masih Ujung Pandang namanya) sering banget main ke Pulau Kayangan di akhir pekan. Dulu sih masih bagus ya. Ah pokoknya kangen deh main ke Makassar, kangen makanannya juga mi 🙂

    1. arifayani says: Reply

      Jalan-jalan ke Makassar lagi yuk, Kak! hihihi, foto paling atas itu Pulau Lae-lae. Saya malah belum pernah ke Kayangan 😀

Leave a Reply