Berburu Tiket Murah Ke Medan? Jangan Lupa Cicipi Jajanan Khasnya

Medan, Sumatera Utara kini sedang terus memperbaiki pariwisatanya. Hal ini terlihat dari rencana menyiapkan Danau Toba sebagai “The Next Bali.”Berbagai tiket murah ke Medan pun terus dilakukan melalui kerjasama pemerintah Provinsi dengan berbagai macam maskapai penerbangan baik dalam dan luar negeri agar banyak pengunjung atau wisatawan yang datang ke Medan.

Selain tempat-tempat wisatanya yang terus dipromosikan, Medan ternyata juga adalah surga wisata kuliner bagi wisatawan. Jadi, setelah berburu tiket murah Ke Medan, luangkan waktu sejenak untuk berburu jajanan khas Medan berikut ini:

  1. Teri Medan
foto:tokopedia.com
foto:tokopedia.com

Ikan teri bisa dibilang adalah salah satu makanan pokok yang terkadang bisa menjadi camilan. Bentuknya kecil, namun rasanya gurih dan asin. Di Indonesia, ikan teri paling populer adalah dari Medan.

Warnanya putih, dan jika dimasak kering biasanya akan cocok sebagai pelengkap hidangan dengan nasi putih hangat dan cocolan sambal. Uniknya, teri Medan sendiri memiliki harga yang cukup mahal jika dijual di luar Medan sendiri.

Nah, jika seharian menjelajahi kota Medan, tidak salah rasanya untuk mencoba makanan ini dan membelinya untuk dijadikan sebagai oleh-oleh saat pulang nanti.

  1. Bika Ambon
foto:sajiansedap.grid.id
foto:sajiansedap.grid.id

Makanan ini sangat pas untuk melengkapi cerita liburan ketika ke Medan. Mendengar nama Bika Ambon, pastinya kue yang satu ini adalah sering kita tagih jika teman atau kerabat sedang berkunjung ke Medan. Dari dahulu hingga sekarang, Bika Ambon tetap menjadi salah satu oleh-oleh atau jajanan khas dari Medan.

Bentuknya yang cenderung seperti balok dengan warna kuning, ditambah dengan adanya lubang kecil diantara bika hingga warna kuning adalah beberapa ciri-ciri dari Bika Ambon. Selain itu, teksturnya sangat lembut dan kenyal juga membuat Bika Ambon selalu lezat untuk disantap.

Salah satu ciri khas dari pembuatan Bika Ambon khas Medan adalah kehadiran beberapa rempah-rempah dalam proses pembuatannya. Sehingga makanan ini mengundang rasa yang tidak terlalu manis namun tetap lezat untuk dicicipi.

  1. Kopi Sidikalang
foto:tokopedia.com
foto:tokopedia.com

Bicara Kopi, daerah Sumatera adalah salah satu rajanya. Begitu juga dengan Medan. Di kota ini terdapat satu kopi yang selalu menjadi ciri khas masyarakat dan namanya adalah Kopi Sidikalang

Biji kopinya memang langsung diambil dari Sidikalang, sebuah wilayah pegunungan dengan tanah yang subur, curah hujan yang cukup, dan suhu yang sejuk sehingga mampu menghasilkan biji kopi yang luar biasa rasanya.

Jadi, saat akan berkunjung ke Medan dan ingin mencicipi cita rasa kopi khas Medan, wajib untuk mencoba kopi dari Sidikalang ini.

  1. Kacang Sihobuk
foto:kaskus.co.id
foto:kaskus.co.id

Temannya kopi? Kacang adalah pilihannya. Di Medan, sambil mencicipi kopi Sidikalang sebaiknya ditemani dengan kehadiran kacang Sihobuk. Kacang ini sebenarnya berasal dari Desa Sihobuk yang terletak di Tarutung, Tapanuli Utara.

Rasanya manis, dan tentu saja gurih dan renyah. Selain itu ciri khas pembuatan kacang ini adalah dimasak dengan menggunakan pasir. Unik ya? Sambil mencicipi hangatnya kopi Sidikalang, maka kacang Sihobuk adalah teman yang pas untuk menjadi teman saat mencicipi berbagai aneka kuliner di Medan.

  1. Dolung-dolung Parapat
foto:episodedua.blogspot.com
foto:episodedua.blogspot.com

Setiap pecinta jajanan atau kuliner berkunjung ke pasar tradisional adalah pilihan yang tepat. Di Medan, terdapat satu jajanan pasar yang sangat khas. Namanya adalah Dolung-dolung Parapat. Dibuat dari tepung beras dan kemudian dicampur dengan gula aren, kelapa parut serta dibungkus dengan daun bambu.

Sebagai tambahan, makanan ini akan bertambah lezat masih dalam kondisi hangat-hangatnya. Ditemani secangkir kopi Sidikalang dan kacang Sihobuk, pastinya jajanan ini sangat pas saat kita sedang berlibur bersama teman-teman di Medan.

Yuk, cari tiket murah ke Medan, dan cicipi aneka kulinernya yang unik.

Berburu Tiket Murah Ke Medan? Jangan Lupa Cicipi Jajanan Khasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *