Menjajal Ponsel Terbaru di Oppo Selfie Tour 2017

oppo selfie tour

Hampir tidak percaya saya menatap layar gawai teman dan melihat foto-foto cantik yang katanya diambil menggunakan kamera ponsel tersebut. Dengan pencahayaan yang baik disertai dengan teknik editing dasar yang sederhana, tercipta hasil foto yang sangat instgram-able. Nyatanya, tidak perlu perangkat super mahal untuk bisa menciptakan gambar dan video menarik, karena saat semua hal itu bisa dilakukan dengan perangkat Oppo seperti yang dipaparkan pada kegiatan Oppo Selfie tour 2017 yang berlangsung di Bon Cafe Makassar pada hari Selasa, tepatnya tanggal 7 Februari lalu.

Dengan nafas terangah-engah saya memasuki Bon Cafe yang terletak di Jalan Pettarani, Makassar. Untungnya panitia cukup fleksibel sehingga beberapa blogger tetap bisa mengikuti kegiatan ini meski datang terlambat. Konsekuensinya adalah ketinggalan beberapa materi dan sesi minum-minum kopi. Hiks.

Setelah duduk manis, saya menengok kanan dan kiri, berusaha mencari wajah-wajah familiar. Benar saja, ada blogger kompasiana dan blogger angingmamiri. Selebihnya saya tidak kenali. Setelah mengobrol dengan beberapa teman barulah konsentrasi saya tertuju pada pria yang sedang membawakan materi tentang cara memaksimalkan penggunaan kamera pada ponsel Oppo. Belakangan saya tahu bahwa ia bernama lengkap Kristian Tjahjono, Managing Editor portal gadget yangcanggih.com.

Melalui beberapa slide, mas Kristian menampilkan hasil foto yang diambil menggunakan ponsel Oppo. Tidak hanya itu, ia juga menunjukkan hasil cetak dari foto-foto tersebut dalam beberapa lembar kertas foto. Saya sempat membolak balik beberapa foto sambil memperbaiki letak kacamata, kalau-kalau penglihatan saya bokeh. Hasil foto dan warna yang tajam membuktikan bahwa kualitas kamera ponsel Oppo tidak bisa diragukan lagi.

Setelah mas Kristian, materi selanjutnya tentang video blog dibawakan oleh Fatimah Kartini Bohang, jurnalis kompas tekno. Perempuan yang akrab disapa Tini ini menjelaskan mengenai proses pembuatan vlog setelah sebelumnya menampilkan videonya yang direkam menggunakan ponsel Oppo. Meski ditampilkan melalui screen proyektor yang cukup besar, terlihat video Tini masih tetap nyaman ditonton. Tentu saja dibekali dengan teknik pengeditan dan pengambilan gambar yang baik.

Mencoba Langsung Ponsel Oppo 

Ponsel pintar dengan OS android pertama saya adalah Oppo yang sangat berkesan karena dibeli dari hasil keringat sendiri. Namun sekarang ponsel itu tinggal kenangan karena sudah saya wariskan ke adik. Setelah itu, saya memakai ponsel biasa dan sebuah tab. Sementara seri Oppo yang saya gunakan sudah tidak produksi lagi, berbagai seri lain terus bermunculan. Diantaranya ada oppo untuk lini selfie expert dengan berbagai spesifikasi dan harga.

 

oppo 2

Oppo 1

oppo 4

oppo 3

 

Sesi paling seru adalah ketika kami diberi masing-masing ponsel Oppo untuk diguanakan membuat video dan foto yang menarik menggunakan teknik-teknik yang telah dipaparkan sebelumnya oleh Mas Kristanto dan Tini.  Berjodoh dengan Oppo F1s, ponsel dengan kamera depan 16 megapixel ini langsung saya coba gunakan untuk nge-vlog. Karena waktu yang terbatas, mengaplikasikan teori dari Tini ternyata tidak segampang yang saya kira. Tidak pede dengan wajah sendiri saat merekam dengan camera phone adalah salah satu kendala. Akhirnya saya memilih merekam dengan menempatkan diri di belakang kamera, sehingga hanya suara saja terdengar. Tidak terlalu buruk, tetapi masih banyak membutuhkan proses belajar. Bukan kepalang kagetnya ketika pengumuman video terbaik jatuh kepada Mas Andi dan Pak Bugi, blogger kompasiana. Oh iya, saya dipanggil mas Andi oleh moderator yang mungkin tidak begitu tahu tentang penyematan nama Andi pada beberapa orang Bugis-Makassar.

Meski tidak bisa secara menyeluruh mempraktekkan teori yang diberikan oleh Tini tentang pembuatan video, saya merasa sangat senang hadir dalam kegiatan ini. Tahapan tentang pre-production, production dan post-production pada pembuatan video merupakan bekal yang cukup untuk menjadi blogger yang update tentang video blog. Tentu saja didukung dengan perangkat yang mumpuni dan keinginan untuk terus upgrade pengetahuan dan kemampuan nge-blog.

 

instagram oppo
Hasil foto Oppo F1s di instagram @andi_arifayani

 

oppo 6
Hadiah dari Oppo untuk kategori video terpilih 😀

 

Leave a Reply