Merayakan Kemerdekaan di Auckland

Asap putih terlihat dari pelataran Birkenhead Primary School Hall dari kejauhan. Ketika mendekat, ternyata kepulan asap itu berasal dari pembakaran sate yang diletakkan tepat di samping pintu masuk menuju hall. Saya memasuki ruangan dengan canggung karena tidak ada wajah yang kukenali di tempat ini. Beberapa teman INSPIRASI yang berjanji akan datang masih berada di perjalanan.

Saya memutuskan hadir di tempat ini setelah melihat informasinya di facebook group PPI Auckland. Perayaan hari kemerdekaan ini adalah event tahunan yang dilaksanakan oleh Komunitas Katolik Indonesia Auckland (KKIA). Saya begitu antusias begitu tahu kalau mereka juga melaksanakan bazar makanan Indonesia. Tidak sabar rasanya mencicipi berbagai masakan menggiurkan khas Indonesia, yummy!

Beberapa menit berlalu, upacara bendera dimulai setelah sebelumnya moderator cukup kewalahan meminta pengunjung untuk duduk dengan rapi di kursi. Seorang laki-laki paruh baya memasuki ruangan dengan langkah tegap. Ini kali pertama saya merayakan kemerdekaan di ribuan kilometer dari Indonesia. Yang membuat haru adalah ketika pasukan pengibar bendera memasuki ruangan kemudian lagu Indonesia raya bergema. Meski sederhana, upacara bendera ini membuat saya merinding. Batas-batas negara yang kita buat ternyata bisa memunculkan perasaan haru bertemu dengan orang-orang yang bahkan tidak kita kenali sebelumnya.

Selain upacara bendera, peringatan hari kemerdekaan ini juga dirangkaikan dengan pengumpulan donasi untuk gempa dan tsunami Palu. Satu per satu penampil naik ke atas panggung setelah upacara selesai. Beberapa lagu dangdut dan lagu daerah dialunkan melalui speaker. Bersama teman-teman INSPIRASI saya melanjutkan berkeliling stand makanan yang sedari tadi (serasa) memanggil-manggil.

Karena masih menggunakan otak rupiah, saya cukup shock melihat harga jajanan yang ada di sini. Bakso yang saya beli seharga 11 dollar dan tempe seharga 5 dollar. Meski demikian, kami menikmati semuanya dengan riang gembira 😀

Selamat ulang tahun Indonesia!

 

 

Leave a Reply