Nulis Bareng Sobatku (NBS)


Nulis Bareng Sobatku atau biasa disingkat NBS adalah kegiatan rutin tahunan yang diadakan oleh LemINA, sebuah lembaga organisasi non profit yang bergerak di bidang peningkatan kualitas hidup ibu dan anak. Relawan yang tergabung di Lemina disebut Sobat Lemina.
Kegiatan NBS  pertama kali diadakan di tempat pembuangan akhir sampah di Antang, salah satu daerah di makassar. Kegiatan di tempat ini berlangsung selama beberapa bulan yang melibatkan sobat lemina dan penyala makassar.
Setelah program di TPA antang selesai, NBS dilanjutkan di dua sekolah yaitu SD 4 sungguminasa dan SD Rappocini. Terpilihnya dua tempat ini dengan beberapa pertimbangan, diantaranya karena sekolah-sekolah tersebut adalah sekolah tempat pelaksanaan kelas insporasi Gowa dan Makassar 2014.
Target waktu pelaksanaan NBS adalah satu semester atau sekitaran 12 kali pertemuan dengan intensitas pertemuan 2 kali dalam sebulan. Setiap siswa akan mendapatkan buku harian yang akan mereka bawa pulang dan wajib diisi.
Tujuan utama dari NBS yaitu mendampingi adik-adik SD menulis yang baik dan benar serta memotivasi mereka untuk menulis. Salah satu jenis kesalahan yang marak dijumpai pada tulisan anak-anak Makassar adalah ‘okkot’.
Sekarang NBS sedang berlangsung di dua sekolah di Gowa dan Makassar. Untuk kabupaten Gowa yang berbatasan dengan kkota Makassar, NBS masih dilanjutkan di sekolah yang sama, yaitu SDN Sungguminasa 4. Untuk wilayah Makassar yaitu SD Paccinongan.

Leave a Reply