Photo Story : Paotere Hari Minggu

Terletak di Kecamatan Ujung Tanah,  Kota Makassar,  Pelabuhan Paotere menjadi salah satu destinasi wisata favorit khususnya bagi penggemar fotografi. Jejeran kapal-kapal phinisi yang sedang bersandar menjadi objek foto yang menarik,  terlebih saat matahari terbit atau tenggelam.  Kilau air laut dan kapal-kapal yang disiram cahaya matahari menjadi pemandangan yang menakjubkan.

Namun paotere bukan hanya tentang kapal phinisi atau sunset yang menawan.  Paotere adalah ‘taman bermain’ bagi warga sekitar yang mencari udara segar di pagi hari.

Seperti pagi itu,  hari minggu saya berkunjung ke paotere ditemani kawan yang memang tinggal tidak jauh dari pelabuhan ini. Bertindak bak seorang guide, ia bercerita mengenai masa kecilnya yang banyak dihabiskan di tempat ini. Termasuk aktifitas berenang  yang ternyata masih dilakukan oleh banyak orang terutama di hari Minggu pagi.

Benar saja,  semakin mendekat ke arah tanggul timur paotere, terdengar riuh warga yang sedang menikmati hangatnya bermandi air laut. Mereka terdiri dari berbagai usia.  Ada juga yang membawa keluarga dan menikmati santapan di tanggul selepas berenang.

Tidak jauh dari tempat berenang,  sekelompok anak muda terlihat mengambil swafoto,  sementara itu beberapa bapak-bapak yang tidak berenang memilih bercengkrama ditemani hembusan angin pantai.

Dari cerita kawan yang sudah puluhan tahun tinggal di sekitar paotere,  banyak yang berubah dari pelabuhan yang dulunya jaya pada masa kerajaan Gowa-Tallo ini.  Meski demikian,  paotere tetap akan menjadi tempat untuk menemukan sisi lain dari kota Makassar.

   Sto

Photo Story : Paotere Hari Minggu

3 thoughts on “Photo Story : Paotere Hari Minggu

    • 10 February, 2018 at 8:42 PM
      Permalink

      hihihih, gak kepikiran kak. Apa sebaiknya kukasi watermark saja ya?

      Reply
      • 11 February, 2018 at 8:11 PM
        Permalink

        Iya, sebaiknya mulai biasakan pakai watermark tuk menghindari salin rekat oleh orang lain tanpa mencamtukan sumber.

        Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *