Review Buku : Rentang Kisah

gitasav cover blog

Buku berjudul Rentang Kisah karya Gita Savitri Devi akhirnya sampai juga di tangan setelah pre-order sejak beberapa pekan lalu. Buku setebal 207 halaman ini memang sudah saya tunggu sejak tahu sang penulis menggarapnya di bawah label penerbit gagas media. Hanya butuh waktu 3 hari dengan menyicil beberapa menit per harinya  untuk meng-khatam-kan Rentang Kisah, membaca isi kepala Gita dan jawaban-jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan kepo seputar kehidupan pribadinya.

Nama Gita Savitri Devi sendiri sudah saya ketahui sekira setahun lalu saat  menonton vlog berjudul ‘I meet Jun Joongyoung’ di kanal youtubenya. Ini pun karena rekomendasi kakak perempuan saya yang penggila drama korea dan hal-hal berbau korea. Saya masih ingat kata-katanya kakak saya saat itu, “Eh, ada vlogger yang bagus sekali caranya bikin alis,” katanya dengan logat Makassar. Dengan bersemangat Ia membuka videonya dan memperlihatkan pada saya yang sebenarnya tidak tertarik tahu tentang make up dan gambar-gambar alis. Dari situ saya tahu, kalau isi vlog Gita tidak hanya tentang daily make up tetapi tentang kehidupan di jerman yang banyak membuat saya berpikir, “bener juga ya,” “Iya juga ya.

Selanjutnya saya mulai mengikuti instagram Gita dan membuka beberapa videonya di youtube. Hal paling menarik dari semua vlog Gita menurut saya adalah video beropini yang berisi pandangan-pandangan dia dan teman-temannya di Jerman soal masalah-masalah yang terjadi di Indonesia atau masalah yang sedang ramai di kalangan internasional. Yang cukup membuat saya tercengang adalah saat jagad raya sosial media yang sedang panas-panasnya menyoal pemilihan gubernur Jakarta, Gita membuat video berjudul Ber-Islam feat Riska Rahmayani, salah satu sahabatnya yang juga tinggal di Jerman. Silahkan dinonton ya.

gitasav2

Kembali ke review buku Rentang Kisah. Buku ini terdiri dari 13 bagian. Bagian pertama setelah ucapan terima kasih adalah bab ‘Ibu Selalu Salah’. Cerita yang mungkin bukan hanya milik Gita tapi jadi masalah kebanyakan kita yang berharap memiliki keluarga sempurna dengan Ibu yang welas asih layaknya di sinetron-sinetron. Kenyataannya, hidup memang bukan sinetron. Ada banyak hal yang memang harus ikhlas diterima just the way it is. Itu yang bisa saya tangkap dari bab ‘Ibu Selalu Salah’.

WhatsApp Image 2017-09-23 at 17.02.45

Dari buku Rentang Kisah saya jadi lebih mengenal Gita bukan sebagai vlogger yang sedang hits, tetapi sebagai seorang manusia biasa yang kehidupannya pasang surut. Reaksinya menghadapi masalah dan kekuatan kontemplasinya untuk mengambil pelajaran dari masalah-masalah itu yang membuat Gita berbeda dan menjadikannya seperti sekarang. Yang paling membuat saya salut adalah Gita yang mampu menunjukkan sisi keislamannya dengan terang-terangan. Sementara itu, saya sendiri terkadang menahan diri untuk ngobrol masalah agama karena takut dicap sok alim atau didebat padahal ilmunya masih cetek.

gitasav

Ketika sedang menuliskan postingan ini, Gita baru saja mengunggah video tentang buku Rentang Kisah yang ternyata sudah masuk cetakan kedua, selamat ya Gita! Meski kata Gita di vlog terbarunya, “… gue ingin mempersembahkan buku ini mostly buat diri gue...” tetapi buku ini telah sampai ke ribuan tangan dan dibaca oleh ribuan kepala, dan kamu tidak akan pernah tahu akan ada orang yang tersentuh dan ingin berubah menjadi lebih baik karena membaca buku Rentang Kisah.

 

 

 

Review Buku : Rentang Kisah

2 thoughts on “Review Buku : Rentang Kisah

    • 24 September, 2017 at 6:18 AM
      Permalink

      Untuk daerah Makassar, bisa beli di gramedia TSM. Semoga bisa cepat ready stock gramedia2 lainnya 😆

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *